Pait To Click: Memilih Antara yang Legit dan Scam

Bagi mereka yang berburu penghasilan online istilah “Paid to Click” (PTC) atau “dibayar untuk mengklik” jelas sudah tidak asing lagi. PTC menjadi alternatif menggiurkan bagi mereka yang kesulitan dengan bisnis online semacam Adsense, Paid to Review, Forex dsb.

PTC adalah bentuk lain dari autosurf. Di internet ada banyak sekali situs bukan? Nah, agar diketahui orang maka situs-situs ini butuh trafik atau pengunjung. Situs PTC menjadi semacam broker yang menghubungkan antara pengunjung dengan situs klien. Disini situs klien membayar sejumlah uang pada situs PTC yang kemudian mengalokasikannya untuk membayar member situs PTC yang melihat iklan situs klien.

Jika ditempuh dengan cara biasa PTC memang hanya bisnis recehan. Anda berusaha mengklik iklan sendiri tanpa dibantu refferal atau downline. Anda memang akan dibayar tapi waktu yang dibutuhkan untuk cashout akan sangat lama. Lain halnya jika mempunyai banyak refferal. Sekian sen dari nilai klik mereka akan masuk ke account Anda. Makin banyak jumlah refferal, makin besar pula potensi pendapatan. Karena itu jangan heran jika ada orang bisa kaya dari bermain PTC.

Dengan menjamurnya situs PTC tidak sedikit dari mereka yang scam alias tidak membayar. Tapi jangan pesimis dulu, karena masih ada yang punya itikad baik untuk membayar Anda. Agar tidak tertipu, berikut ini beberapa ciri PTC yang scam dan yang legitimate/legit (yang membayar).
 
PTC ADALAH LEGITIMATE JIKA:
  1. Tidak mempunyai masalah serius dalam membayar membernya.
  2. Dukungan admin atau customer service yang responsif.
  3. Server situs yang jarang down.
  4. Menyediakan forum yang selalu aktif dan terawat dengan baik.
  5. Telah bertahan minimal selama dua tahun. Situs PTC yang scam biasanya akan tutup dalam waktu enam bulan sampai satu tahun.
  6. Nilai klik yang logis. Jika ada situs PTC yang berani membayar 0.5 dolar perklik (atau bahkan lebih) sudah jelas scam.
  7. Mempunyai desain situs yang profesional dan mudah digunakan. Untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan karena ada juga situs yang kelihatan bagus namun ternyata scam.

PTC ADALAH SCAM JIKA:
  1. Sering terlambat atau bahkan menghentikan membayar member.
  2. Nilai klik iklan yang tidak rasional.
  3. Biaya iklan bagi advertiser lebih rendah dari nilai klik member.
  4. Banyak komentar negatif mengatakan jika situs PTC tersebut adalah scam.
  5. Tidak ada forum atau forum tiba-tiba menghilang.
  6. Mengharuskan Anda upgrade keanggotaan jika ingin cashout.
  7. Tidak ada bukti pembayaran.
  8. Menggunakan domain gratisan seperti .co.nr, .co.cc, dsb.

IMPRESI AKHIR
Tidak semua PTC adalah scam. Lakukanlah riset sebelum bergabung. Anda bisa mencarinya di situs pencari. Jika sebuah situs PTC adalah scam, biasanya akan banyak komentar negatif bertebaran di internet. Jika situs PTC itu tegolong baru dan minim informasi, Anda bisa cek langsung di situsnya. Lakukan kalkulasi dan logika sederhana terutama tentang nilai klik dan cara cashout. Yang perlu Anda ingat juga adalah PTC bukan cara cepat kaya. Berhati-hatilah dalam berinvestasi jika memang dibutuhkan.